25 Maret 2009

APA AJARANMU ???

Matius 5 :1-2
“Ketika Yesus melihat orang banyak itu, naiklah Ia ke atas bukit dan setelah Ia duduk, datanglah murid-murid-Nya kepada-Nya. Maka Yesuspun mulai berbicara dan mengajar mereka, kata-Nya:”


Seringkali dalam kehidupan kita, ketika kita akan melakukan atau akan mengerjakan sesuatu terkadang kita mengalami ketakutan atau kebimbangan. Misalnya ketika kita hendak membuat suatu acara untuk kegiatan sekolah, kita mengalami keraguan akan keberhasilannya. Karena itu panitia sering mengadakan rapat untuk mempersiapkan itu semua. Panitia mencoba membahas setiap keperluan dan hal-hal yang perlu dilakukan supaya kegiatan tersebut dapat berhasil dengan memuaskan.

Atau ketika kita hendak membangun rumah, kita sejak awal sudah merancang terlebih dahulu akan bentuk bangunan yang akan di bangun. Bahkan setiap rincian biaya akan diperhitungkan. Sehingga dalam membangun nantinya tidak ada kendala yang ditemui.

Dari dua hal tersebut diatas, nampak bahwa kita selalu merencanakan hal-hal yang ada dalam kehidupan kita. Mulai dari kehidupan pribadi kita, pekerjaan kita, bahkan dalam kehidupan sosialpun selalu kita rancang atau rencanakan. Supaya ha-hal yang terjadi nantinya tidak jauh melenceng dari kehidupan yang kita rencanakan.

Kotbah di bukit (Matius 5) merupakan awal dari pelayanan Yesus. Awal pelayanan yang menentukan akan keberhasilan. Yesus dalam awal-awal pelayananNya tidak merancangkan hal-hal yang besar. Justru yang Yesus lakukan adalah bergaul dengan banyak orang mulai dari nelayan hingga pelayan rumah ibadat (Mat 4: 18- 25). Dengan banyak bergaul dengan semua orang itulah, Yesus dapat diterima oleh banyak orang dan akhirnya mempunyai banyak pengikut pada awal pelayananNya.

Ketika Yesus melihat orang banyak itu (ay 1), Yesus menyadari bahwa Ia telah memiliki banyak pengikut. Dengan demikian Yesus memiliki kewajiban untuk mendidik atau memberi mereka pelajaran. Pelajaran yang Yesus ajarkan bukanlah bagaimana menyembuhkan penyakit, bukan bagaimana mengusir setan. Melainkan ajaran Yesus adalah pelajaran tentang kehidupan, pelajaran tentang pelayanan, pelajaran tentang mengasihi orang lain.

Bagaimana dengan Anda? Apa yang Anda ajarkan kepada orang lain dalam kehidupan Anda?

Dapatkah anda mengajarkan apa yang Yesus ajarkan? Namun sebelum itu, dapatkah Anda melakukan apa yang Yesus ajarkan?


RSH

Tidak ada komentar:

Posting Komentar