10 Mei 2009

DOA (bagian 1)

(bahan renungan Kamisan tgl. 23 April 2009)

by : Mas Ari

Pengantar 

Kali ini kita akan belajar mengenai berdoa. Musah-mudahan pelajaran ini akan menarik kita semua mengingat hal doa sudah kita kenal sejak kita kecil sih!

Tapi, walaupun sudah kita kenal sejak kecil tidak jarang waktu kita semua sudah besar sekarang kalau diminta tolong untuk berdoa sering kali menolak atau merasa nggak bisa, bahkan ada yg merasa takut dan segan.

Sekali lagi semoga pelajaran doa ini sungguh akan menjadi berkat kamu2 yg ada di sini, agar suatu saat ketika kalian diminta untuk berdoa memiliki sikap yg positif karena kalian memiliki kesempatan untuk berbicara kepada Allah pencipta, penguasa di depan teman2. Kita sungguh perlu merasa bangga untuk berbicara, memuji Dia, bukan malu, katena Allah kita sangat hebat!

Tentu saja semua itu butuh latihan dan untuk itu kita semua perlu terus bertumbuh belajar mengenal siapa Dia itu. Siapa sih Allah kita, bagaimana sifat2Nya, supaya kita bisa memuji Dia, seberapa besarnya sih KuasaNya itu supaya kita bisa menyembah Dia dan sekuat apa sih KuasaNya supaya kita bisa mempercayainya? dan seterusnya...

Sehubungan dengan itu semua, setiap anak2 perlu memiliki catatan pribadi tentang doa dan mungkin saja di antara kalian sudah punya tapi rasanya kalau nanti akan dibagikan kertas doa di mana di situ ada beberapa ide untuk mengembangkan kehidupan doa itu, maka itu dapat menyempurnakan catatan yg kalian mungkin sudah punya sebelumnya.

Tetapi sebelum masuk ke dalam pelajaran pokok hal doa, sebelumnya saya ingin sekali mengajukan beberapa pertanyaan yg kalian bisa dengan bebas memberi jawab sesuai dengan pendapat kalian.

1. Menurut kamu2 apa artinya doa?

2. Apakah doa itu penting? Mengapa dan beri alasanmu!

3. Beberapa ayat tentang Allah, sifat, perbuatanNya yg dapat menolong kamu2 untuk memuji Dia. Misalnya : Mzm 25 :3, Mzm 62 : 12, Mzm 106 : 1, Mzm 108 : 5, Mzm 111 : 2, Ams 4 : 11...

Pujian melalui doa dapat kamu ucapkan dengan mengutip ayat2 tersebut, juga dengan menambah sendiri ayat2 yg lain yg menjelaskan tentang sifatNya atau perbuatanNya.

Baik juga kalau kamu dapat menggunakan kata2mu sendiri, berdasarkan pengertian yg kamu peroleh dari ayat2 tersebut atau pengalaman2 pribadi dengan Dia yg sungguh menolong kamu untuk memuji Dia.

Ketika kita melihat akan sifat dan perbuatan2Nya yg ajaib, besar dan penuh kasih, maka itu akan menolong kita dalam memuji Dia. Kalau kita rajin dalam merenungkan akan firmanNya khususnya dengan melihat siapa Dia sebenarnya maka itu akan sangat membantu kita dalam menaikkan pujian, penyembahan, permohonan dan ucapan syukur kepadaNya.

Kali ini kita memang hanya akan belajar memuji Dia. Dan memang doa yg baik adalah kalau kita selalu memulai dengan pujian kepadaNya bukan dengan permintaan2 kita. Seperti hal yg cukup sering terjadi di antar remaja adalah memuji temannya dengan mengatakan dia itu keren lho, dakep, bagus, kaya, pinter, jago deh, hebat, dls.

Biasanya kalau kita memuji gitu pasti bagi orang tersebut sesuatu yg menyengkan dia bukan?

Nah, dalam kehidupan rihani kita ini kalau kita rajin memuji Alla karena sesungguhnya pujian itu adalah hak Allah, maka itu pasti menyenangkan hati Allah tapi juga menyehatkan kehidupan rohani kita. Hubungan pribadi kita dengan Allah pencipta kita akan terasa lebih dalam, hangat dan menyegarkan.

Kita perlu melatih diri kita dalam hal itu, dan Roh Kudus pasti akan menolong kita untuk mengungkapkan hal itu. (bersambung)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar